Wednesday, April 5, 2017

Hubungan Tubuhan Dengan Air


Menurut Dwidjoseputro (1990:92) menyatakan bahwa, “transpirasi dapat melalui kutikula, stomata dan lentisel. Sebenarnya seluruh bagian tanaman itu mengadakan transpirasi, akan tetapi yang biasanya dibicarakan hanyalah transpirasi lewat daun, karena hilangnya molekul-molekul air dari tubuh tanaman itu sebagian besar adalah lewat daun.
Hal ini di sebabkan karena luasnya permukaan daun dan juga karena daun-daun itu lebih terkena udara dari pada bagian-bagian lain dari suatu tanaman”. Mengenai penguapan yang terjadi di daun kita kenal penguapan melalui kutikula dan penguapan melalui stomata. Kegiatan transpirasi terpengaruh oleh banyak faktor, baik faktor dalam maupun faktor luar. Yang termasuk faktor dalam ialah besar kecilnya daun, tebal tipisnya daun, berlapiskan lilin atau tidaknya permukaan daun, banyak sedikitnya bulu pada permukaan daun, banyak sedikitnya stomata, bentuk dan lokasi stomata. Sedangkan yang termasuk faktor luar adalah radiasi, temperature, kebasahan udara, tekanan udara, angin keadaain air di dalam tanah.
Menurut lakitan (2010:40) menyatakan bahwa, “di dalam tumbuhan, air berperan sebagai pelarut. Struktur molekul protein dan asam nukleat sangat ditentukan adanya molekul air disekitarnya. Berarti juga aktivitas dari proteindan asam  nukleat dapat berlangsung karena adanya air disekitarnya. Selain protein dan asam nukleat, aktivitas senyawa lain di dalam protoplasma juga di tentukan oelh adanya air. Walaupun air dapt bertindak sebagai baha preaksi (reaktan)  atau lingkungan yang memungkinkan untuk berlangsungnya berbagai reaksi biokimia dalam sel tumbuhan”.
Anonimus (2010) air adalah pelarut terbaik yang sangat penting bagi tanaman, air juga sangat penting bagi kehidupan tanaman. Air merupakan 90-95% penyusun tanaman, activator enzim, pereaksi dalam reaksi hidrolisis, sumber H dalam fotosintesis, penghasil O2 dalam fotosintesis, pelarut dan pembawa berbagai senyawa, mengatur keluar masuknya zat terlarut ke dan dari sel, mendukung tegaknya tanaman terutama pada tanaman herbacius, mempertahankan suhu tanaman tetap konstan pada saat cahaya penuh.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Facebook

Powered by Blogger.

Ads Top

Popular

Definition List

Contact

Pages

Support