٩(̾●̮̮̃̾•̃̾)۶ ibnuartikel.blogspot.com ٩(̾●̮̮̃̾•̃̾)۶ SELAMAT DATANG DI BLOG YANG SEDERHANA INI DAN SEMOGA BERMANFAAT ٩(̾●̮̮̃̾•̃̾)۶ ibnuartikel.blogspot.com ٩(̾●̮̮̃̾•̃̾)۶

Jumat, 04 November 2011

mengisi bukti transaksi

mengisi bukti transaksi
Mengisi Bukti Transaksi
Jika dilihat dari asalnya bukti transaksi dibedakan menjadi :
1.   Bukti transaksi internal berupa memo
2.   Bukti transaksi eksternal berupa :
  • Faktur (Invoice)
  • Kuitansi (Official receipt)
  • Nota debet (Debit memo)
  • Nota kredit (Credit memo)
  • Cek (Cheque)
  • Bilyet giro
  • Rekening koran
Cara mengisi bukti transaksi yang menjadi bukti transaksi internal dan eksternal adalah sbb :
1.   Memo, yang perlu diisi dalam memo antara lain :
  • Nomor memo
  • Tanggal
  • Nama pembuat memo
  • Nama pihak yang dituju dalam memo
  • Subyek memo
  • Isi memo

          Blanko
  •       Isi memo
2.   Memo, yang perlu diisi dalam memo antara lain :
  • Nama dan alamat penjual
  • Nomor faktur
  • Nama dan alamat pembeli
  • Di dalam format kolom diisi nomor urut, nama/jenis barang, banyaknya barang, harga satuan, jumlah harga ( banyaknya barang dikalikan harga satuan ), jumlah total
  • Tanggal pembayaran
  • Otorisasi penyerahan
  • Otorisasi penerimaan
      Blanko faktur


      Isian faktur
3.   Kuitansi, yang perlu diisi dalam kuitansi antara lain :
     
                                               Blanko kuitansi

  • Nomor urut
  • Nama yang menyerahkan pembayaran
  • Jumlah nominal pembayaran dalam huruf
  • Maksud pembayaran
  • Jumlah nominal pembayaran dalam angka
  • Tempat dan tanggal
  • Nama penerima pembayaran
4.   Nota debet, yang perlu diisi dalam nota debet antara lain :
  • Nama pihak yang mengeluarkan nota debet ( pihak pembeli )
  • Nama pihak yang dituju
  • Nomor nota debet
  • Nomor item barang
  • Nama/jenis barang
  • Banyaknya barang
  • Harga satuan
  • Jumlah harga ( banyak barang x harga satuan )
  • Total jumlah
  • Tempat dan tanggal
      Blanko nota debet


      Isian nota debet
5.   Nota kredit, dibuat oelh pihak penjual cara mengisi nota kredit sama dengan nota debet
      Blanko nota kredit



      Isian nota kredit

6.   Cek, yang perlu diisi dalam cek antara lain :
  • Periksa apakah semua lembaran cek dan potongannya telah diberi nomor
  • Tanggal pengisian
  • Nama penerima
  • Jumlah nominal dalam huruf dan angka
  • Tanda tangan pihak yang melakukan penarikan
  • Pada cek yang salah tulis kalimat “ tidak berlaku/valid”
                                                                  Blanko cek


                                                                   Isian cek
7.   Bilyet giro, yang perlu diisi dalam bilyet giro antara lain :
  • Tanggal
  • Jumlah nominal yang dipindah bukukan dalam huruf dan angka
  • Nama pihak penerima giro bilyet termasuk nama bank penerima
  • Nama pihak yang mengeluarkan bilyet giro
                                                              Blanko bilyet


                                                              Isian bilyet giro
8.   Rekening koran , yang perlu diisi dalam rekening koran antara lain :
  • Nomor
  • Tanggal transaksi
  • Sandi
  • Jumlah nominal debet/kredit ( kolom mutasi )
  • Saldo
  • Blanko rek koran
  • Kolom pengesahan petugas bank

                                       Blanko rekening koran

Selain bukti transaksi yang telah dikemukakan di atas juga terdapat bukti transaksi lainnya yaitu :
1.   Nota kontan dipergunakan sebagai bukti transaksi pembelian atau penjualan       secara tunai.     Yang perlu diisi dalam nota kontan antara lain :

  • Nama pihak yang mengeluarkan nota kontan
  • Nomor nota kontan
  • Tanggal transaksi
  • Di dalam format kolom diisi nomor urut, nama/jenis barang, banyaknya barang, harga satuan, jumlah harga (banyaknya barang dikalikan harga satuan), jumlah total
      Blanko

      Isian nota kontan
2.   Nota permintaan barang merupakan rancangan formulir untuk permintaan dari       gudang, yang perlu diisi dalam nota permintaan barang antara lain :
  • Tanggal permintaan dari kepala bagian gudang
  • Nomor urut
  • Nama/jenis barang
  • Merk barang yang diminta
  • Banyaknya barang yang diminta
  • Keterangan diisi dengan keterangan barang yang diminta, seperti segera, barang habis atau hal lainnya.
          Blanko


          Isian nota permintaan
3.   Surat pesanan dibuat untuk menjamin keabsahan pesanan dan untuk keyakinan       supplier, dalam membuat surat pesanan bagian pembelian hendaknya melihat       daftar harga dan persyaratan dari supplier.
      Yang perlu dimuat dalam surat pesanan antara lain :
  • Kepala surat ( nama, alamat, no telepon/fax perusahaan )
  • Nomor surat
  • Pada format kolom, diisi dengan nama barang dan banyaknya barang yang dipesan
  • Cara pembayaran diisi dengan nama bank, nomor rekening, nama pihak yang mewakili pihak penjual
  • Salam penutup diisi dengan tanda tangan dan nama pihak pembeli
Surat pesanan


























4.   Kartu persediaan dibuat untuk mencatat barang yang telah berada di gudang,       pencatatannya dapat dilakukan secara manual atau secara komputerisasi. Yang       perlu dimuat dalam kartu persediaan antara lain :

 Yang perlu dimuat dalam kartu persediaan antara lain :
  • Bulan dan tahun dibuatnya kartu persediaan
  • Kolom label diisi dengan nama, ukuran dan kode produk
  • Kolom masuk diisi dengan banyaknya barang yang masuk sesuai urutan tanggal
  • Kolom keluar diisi dengan banyaknya barang yang keluar sesuai dengan urutan tanggal
  • Kolom saldo diisi dengan rumus Saldo = Saldo +  ( masuk – keluar )
  • Kartu persediaan
  • Keterangan diisi dengan hal-hal yang menjadi catatan, seperti jumlah batas pesanan
  •                                            Kartu persediaan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

٩(̾●̮̮̃̾•̃̾)۶ ibnuartikel.blogspot.com ٩(̾●̮̮̃̾•̃̾)۶ TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI BLOG YANG SEDERHANA INI DAN SEMOGA BERMANFAAT ٩(̾●̮̮̃̾•̃̾)۶ ibnuartikel.blogspot.com ٩(̾●̮̮̃̾•̃̾)۶